Sabtu, 20 Maret 2021

 

Mengenal Perempuan


Hello sobat dunia kampus. Jika mendengar berbagai kasus wanita yang tak ada habisnya membuat keresahan kaum wanita dan membuat wanita saling melindungi satu sama lain (emansipasi). Wanita adalah sosok yang cukup banyak direndahkan dan disepelehkan karena dianggap sebagai makhluk yang lemah. Wanita yang konon katanya tidak lebih dari laki-laki, yang katanya wanita adalah makhluk yang tidak berlogika, wanita yang egois, lemah, tak berdaya dan lain sebagainya. Bagi saya, semua adalah ‘katanya’ dan belum tentu pasti, atas pernyataan tersebut saya tidak ambil pusing karena saya merasa wanita hanya makhluk Tuhan yang (berhak) dapat memilih dan menentukan jalan hidupnya masing-masing. Saya adalah seorang wanita dan saya merasa semua pernyataan tadi tidak semuanya benar, justru saya sangat bangga terlahir menjadi seorang wanita. Bicara soal wanita yang sering disebut juga perempuan memiliki makna dibaliknya. Perempuan sendiri berasal dari per-empu-an, yaitu per yang berarti makhluk, empu yang berarti tuan, mulia, mahir dan yang artinya perempuan adalah makhluk yang mulia.  

Membahas tentang perempuan saya melihat sosok perempuan (ibu) yang kuat dan tak kenal kata lelah demi membahagiakan keluarganya. Ibu saya adalah sosok yang kuat, pemberani, dan hebat dimata saya. Ia tak peduli berapa banyak orang tahu dan berfikir tentang kebaikan yang pernah dilakukan dan dikorbannya, baginya semua pengorbanan dan perjuangannya hingga saat ini belum berarti apa-apa. Dua tahun telah berlalu ibu saya menjadi seorang single parent, hal yang tak terduga terjadi pada kami; Akan tetapi ia terus berjuang demi masa depan anak-anaknya. Letihnya, keringatnya, air matanya menjadikan saya paham akan hidup yang tidak selalu indah seperti harapan banyak orang. Namun, seiring berjalannya waktu dengan melewati proses yang penuh drama membuat kami menjadi sadar bahwa keindahan pelangi memang sesaat tetapi akan ada selalu matahari, bulan, dan bintang yang selalu setia menerangi bumi silih berganti.

 Membuka mata dan melangkah lebih jauh membuat saya sadar bukan hanya ibu saya saja yang hebat, tetapi banyak sekali perempuan di luar sana yang berjuang sendirian tanpa laki-laki (single parent). Mereka menjadi wanita yang mandiri kuat dan penuh pengorbanan untuk mempertahankan berbagai alasan. Atas perjuangan mereka hingga saat ini membuat saya merasa bangga dan juga malu. Ya.... bangga dan malu, bangga dengan alasan-alasan luar biasa   mungkin ada yang mengalami cerita tentang single parent, perceraian, pernikahan yang tidak sehat, tanggung jawab keluarga, keinginanya sendiri, desakan orang tua atau keluarga, dan berbagai alasan lainnya memotivasi saya untuk menjadi lebih peduli terhadap lingkungan sekitar. Kemungkinan besar sebagian dari mereka memang merasa senang melakukan hal tersebut dan sebagian juga karena paksaan tertentu. Maka dari itu, janganlah kita memandang apa pun sebelah mata tanpa mengetahui kebenarannya. Adapun kisah mereka di luar sana yang harus putus sekolah atau tidak dapat melanjutkan pendidikannya karena finansial atau hal tertentu sehingga mereka harus bekerja seadanya tak memutus mimpi besar untuk di kejar membuat saya membuka mata untuk selalu bersyukur. Sebagai generasi muda sepatutnya kita membuktikan demi membangun masa depan yang cerah bukan malah menghujat dengan kata-kata yang hanya panjang namun tak bermakna. Maka, nikmatilah proses yang sedang berjalan, ambil hikmah yang dapat dipetik, berjuanglah demi warna hidupmu.

 

 

 

 

 

 

19 komentar:

  1. keren, setujun bgt si yaa sama ni bacaan lanjutin min

    BalasHapus
  2. menurut gw min perempuan yang tegar itu adalah yang tidak membiarkan dirinya jadi korban,tindak nunjukin kelemahannya,dan tidak minta dikasihani. mereka tu yaa kuat dan mandiri dan mampu diandalkan dalam setiap situasi.

    BalasHapus
  3. Artikelnya sangat menarik, mantapp..

    BalasHapus
  4. Artikel yang sangat menarik, pengangkatan topik yang sangat sederhana namun sangat bermakna

    BalasHapus
  5. Wanita adalah makhluk yang berlogika, tidak lemah, berdaya. Wanita hebat!

    BalasHapus
  6. Keren... Ditunggu karya karya selanjutnya 👏

    BalasHapus

     Hallo  Sobat Dunia kampus . Perkenalkan saya Maulidiana Jihan Lutfiyah mahasiswa Universitas Negeri Jakarta program studi Pendidikan Ad...